Sabtu, 10 Mei 2008

KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA RS

KEBUTUHAN SARANA, PRASARANA, SDM UNTUK UTD RS PENDIDIKAN
DENGAN KEBUTUHAN DARAH 2000 KANTONG S/D 5000 KANTONG PER BULAN

Kebutuhan sarana dan prasarana terlampir.
SDM merupakan masalah pokok yang tidak mungkin untuk ditunda, mengingat semua tenaga teknis dan sebagian tenaga administrasi yang ada sekarang adalah milik UTD PMI. Kebutuhan SDM adalah sebagai berikut :
1. Petugas administrasi : 2 orang
2. TTD : 15 orang
3. Pekarya : 1 orang
4. Petugas transport : 2 orang


RENCANA ANGGARAN
Kegiatan Anggaran
Rapat-rapat kordinasi di Depkes, RS dan dengan UTD PMI Rp. 5.000.000,-
Renovasi gedung (menempati lokasi baru) Rp. 600.000.000,-
Pengadaan sarana dan prasarana (terlampir) termasuk Rp. 4.698.828.100,-
sistem informasi
Pengadaan/ pembuatan SOP dan format pelayanan Rp. 5.000.000,-
serta format pelaporan
JUMLAH Rp. 5.308.828.100,-

Rabu, 07 Mei 2008

SPESIFIKASI ALAT BDRS

Spesifikasi dan Kegunaan alat

1. Blood Bank Refrigerator
Kegunaan alat ini untuk menyimpan darah dan komponen darah dalam bentuk cair.

Spesifikasi Alat :
• Complete with accessories :
1) Key operate power switch
2) Safety lock on dor for controlled accsess
3) Digital display
4) Audible and visual alarm
5) Safety thermostat +2°C
6) Remote transmission alarm signal
7) Alarm system with 48 hour backup power supply in case of a power failure
8) Alarm history with stores all important value occurring as of temperature during the alarm period and also its duration
9) Forced-air refrigeration for equal temperature distribution
10) Auto diagnostic control
11) Door opening alarm
12) Internal temperature display in case of power failure
13) Ambient temperature : +10 to +43°C
14) Alarm function test
15) Automatic door closing
16) Stainless steel interior
17) Castors for flexibility of movement
· Indoor lamp
· Wheel for mobile
· Temperature setting : 4°C ± 2°C
· Model : Glass Door / Showcase
· Capacity : 408 ℓ
· Electrical : 220 – 240 V, 50/60 Hz single phase
· Set point : 4°C
· Noise level : ≤ 60 dBA
· CFC –and HCFC- free
· Instruction manual lengkap dengan Troubleshoting berbahasa Inggris dan Indonesia
· Sirkuit electronic
· Daftar Catalog Number




2. Platelet Agitator with Incubator
Alat ini untuk menyimpaan Trombosit Konsentrat dengan suhu terkontrol
Spesifikasi :
• Complete with accessories :
1. Merk : Helmer
2. Model Number : PF 48i
3. Type : Flat bed
4. Agitasi : Horisontal
5. Capacity : 48 kantong
6. Electrical : 220 – 240 V, 50/60 Hz single phase
7. Ambient Operating temperature : +5°C to +35°C
8. Agitation speed (230V) per minute : 60
9. Dilengkapi alarm
· Instruction manual lengkap dengan Troubleshoting berbahasa Inggris dan Indonesia
· Sirkuit electronic
· Daftar Catalog Number
· CFC –and HCFC- free
· Set temperature +22°C ± 2°C

3. Serofuge ( Sentrifuge Serologis ) :
a. Untuk memisahkan serum / plasma
b. Untuk pemeriksaan Crossmatching ( Uji cocok serasi )
Spesifikasi Alat
• Complete with accessories :
1. Speed : 3000 rpm
2. Timer : 1 detik- 60 menit
3. Capacity : 12 tube ( 12 x 75 mm )
4. Electrical : Single phase, 220 V, 50/60 Hz
5. Drive : Brushless Induction
6. Control : Mikroprosesor
7. LCD Display
8. Door interlock
• Merk : DiaCent-12
• Acceleration tolerance : 1%
• Centrifugation time tolerance : ± 1%
• Acceleration : 1006 g
• Noise : <>

BANK DARAH RUMAH SAKIT

BANK DARAH RUMAH SAKIT

Definisi Bank Darah Rumah Sakit adalah : Bank Darah Rumah Sakit yang didirikan dan dikelola oleh Rumah Sakit yang berkewajiban menyimpan darah yang telah diuji saring oleh UTD PMI dan melakukan uji cocok serasi berdasarkan perjanjian kerjasama antara UTD PMI dan Rumah Sakit.

Bank Darah Rumah Sakit berfungsi menyimpan darah dan mengeluarkannya bagi pasien yang memerlukan darah di rumah sakit yang bersangkutan. PMI berkewajiban membantu pendirian Bank Darah Rumah Sakit yang dikelola oleh Rumah Sakit.

Bank Darah Rumah Sakit bertugas :
1. Menerima darah yang sudah diuji saring dari UTDC PMI terdekat secara teratur.
2. Menyimpan darah.
3. Melakukan uji cocok serasi darah donor dan darah pasien.
4. Menyerahkan darah yang cocok bagi pasien di Rumah Sakit tersebut.
5. Melacak penyebab reaksi transfusi yang dilaporkan Rumah Sakit.
6. Melaksanakan pemusnahan darah transfusi yang tidak layak pakai, sesuai ketentuan.

Persyaratan ketenagaan yang dibutuhkan adalah :
1. Penanggung jawab BDRS, satu orang dokter umum / spesialis.
2. Paramedis Teknologi Transfusi Darah (PTTD), empat orang, 3 shift.
3. Pekarya, satu orang.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah :
1. Kriteria Pembentukan Bank Darah Rumah Sakit
a. Ada kebutuhan darah.
b. Ada UTD setempat dengan jarak > 5 km dari Rumah Sakit.
c. Jika belum ada UTD di Daerah / Kabupaten tersebut, maka dapat dibentuk UTD Rumah Sakit.
d. Pendirian Bank Darah Rumah Sakit atas kesepakatan tim yang terdiri dari personal Rumah Sakit, UTD PMI setempat dan Dinas Kesehatan setempat setelah diadakan pengkajian terlebih dahulu dan dapat memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.
e. Tersedia ruangan dengan : - Luas minimal 4 x 5 m2
- Air bersih yang cukup dengan sistim pembuangan limbah yang baik.
- Listrik yang berkekuatan minimal 6500 Watt dan diesel / pembangkit listrik dalam keadaan darurat.
- Telepon.
f. UTD PMI menyediakan :
- Darah yang cukup untuk kebutuhan Rumah Sakit.
- Alat-alat Laboratorium (SK Permenkes 478 pasal 15 ayat 12 tahun 1990).
- Reagensia
- Formulir-formulir.

2. Pembiayaan
- Tenaga ATD/PTTD/Analis terlatih di bidang Transfusi Darah dibayar oleh Rumah Sakit yang bersangkutan.
- Biaya Penggantian Pengolahan Darah (BPPD)/Service cost dibebankan pada pihak Rumah Sakit yang bersangkutan.
- Besarnya biaya service cost ditetapkan oleh Pengurus Pusat PMI yang diketahui oleh Dinas Kesehatan setempat.
- Prosedur penagihan service cost mengikuti petunjuk dari UTD PMI setempat yang mengirimkan darahnya.

3. Pendidikan dan Pelatihan
- Untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dalam penyimpanan, pengolahan dan distribusi darah, Rumah Sakit dapat mengirimkan tenaga ATD/PTTD/Analisnya untuk mengikuti penataran/kursus yang diadakan oleh PMI.
- PMI memberikan bimbingan dalam bidang pengetahuan tentang Penyimpanan, Pengolahan dan Distribusi darah.

4. Penelitian dan Pengembangan
PMI dan Rumah Sakit dapat melakukan penelitian dan pengembangan bersama dalam bidang Transfusi Darah.

5. Pelaporan
BDRS berkewajiban melakukan pembuatan laporan bulanan kepada UTD PMI tentang setiap kegiatan di Bank darah yang bersangkutan, meliputi :
- Kebutuhan, penerimaan dan pemakaian darah
- Reaksi transfusi
- Pemakaian reagnesia
- Pemakaian alat-alat dll.

6. Pengawasan
Pengawasan / Audit teknis pelayanan darah secara periodik dilakukan oleh tim yang terdiri dari personal Rumah Sakit, UTD PMI setempat dan Dinas Kesehatan setempat. Laporan audit teknis disampaikan pada Kepala Rumah Sakit, Kepala UTD setempat dan Kepala Dinas Kesehatan setempat.


7. Peralatan standar yang dibutuhkan :
- Gunting Stainless
- Tempat klem & gunting
- Rak Tabung 24 lb Stainless
- Tabung reaksi uk. 12 x 75
- Mikroskope Binokulair
- Blood Bank Kapasitas 150 kantong
- Electric sealer
- Hand Sealer
- Medical Refrigerator
- Centrifuge (Serofuge)
- Set peralatan Cross Gel Test ( jika cross test menggunakan metode gel )
- Waterbath / Incubator
- Rotator (untuk pemeriksaan sifilis)
- Micropipet
- Timer Bel
- Agitator Trombosit (untuk menyimpan trombosit) – harga tergantung saat permintaan.
Standard Equipment of Hospital Blood Bank Class A / B
Package A :
1. Blood Bank (356 litre)
2. Medical Refrigerator
3. Freezer –30o C
4. Cool box (for blood transportation from Blood Bank to ward)
5. Thrombocyte storage (22o C)
6. Table top centrifuge (serofuge)
7. Satu set peralatan Cross Gel Test (*)
8. Waterbath
9. Microskope (Bionoculair)
10. Electric sealer
11. Hand Sealer

Package B :
1. Reaction tube 10 x 75 mm
2. Rack for tube 12 x 75
3. Viewing box
4. Clamp/kocher
5. Hand sealer
6. Scissors
7. Glass tile
8. Pasteur Pipette Object glass
9. Timer
10. Squeezing bottle
11. Plastic cup
12. Washbasin (enamel)
13. Bottle 5 cc with cap (for blood sample)
14. Lab-jas
15. Napkin

Package C :
1. Test sera anti-A,-B,-AB, -D @ 10 ml
2. Bovine albumin 22 % @ 10 ml
3. Coombs serum @ 10 ml
4. Saline 0,9 %
5. Marker (permanent) artline 70
6. Filter paper
7. Hand gloves
8. Resiguard 4,5 liter / Desinfectans

Package D :
1. Building 35 m2
2. Laboratory desk (4 m) + chair (3)
3. Office table (1) + Chair (1)
4. Filing cabinet
5. Filing holder
6. Personal computer with printer
7. Typewriter
8. Computer + Printer
9. Public sitting